Silabus Bahasa Indonesia


SILABUS DAN RPKPS

MATA KULIAH  BAHASA INDONESIA

JURUSAN SASTRA DAERAH

FAKULTAS SASTRA  UNIVERSITAS ANDALAS

Kode Mata Kuliah: SAS 109

Pengajar                 : Dra. Reniwati, M.Hum.

Rona Almos,S.S.,M.Hum.

A. Sinopsis:

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan dasar-dasar kemahiran berbahasa bagi mahasiswa guna meningkatkan kemampuan mahasiswa tersebut dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik khususnya secara  tulisan.

B. Kompetensi

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan dalam menulis   karangan ilmiah.

C. Sistem Penilaian

Dalam menentukan nialai akhir digunakan pembobotan sebagai berikut

  1. Tugas, Keaktivan Tanya Jawab danDiskusi Diskusi    :  35%
  2. UTS                                                                                      :  25%
  3. UAS                                                                                      :  40%

Jumlah                                                                                 : 100%

D. Tata Tertib Perkuliahan

Untuk tertib dan lancarnya perkuliahan perlu aturan bagi dosen dan makasiswa.

Untuk dosen:

-          Dosen membicarakan  kontrak perkuliahan dengan mahasiswa

-          Dosen memberitahukan Silabus dan RPKPS

-          Dosen harus menyelenggarakan kuliah minimal 85 %.

-          Dosen harus mengembalikan lembar jawaban ujian (UTS)

-          Dosen harus menilai tugas, membahas atau mengembalikannya kepada mahasiswa

-          Kuliah dibatalkan jika dosen telambat lebih dari 15 menit

Untuk mahasiswa:

-          Mahasiswa tidak diperkenankan masuk kelas bila terlambat lebih dari 15 menit

-          Mahasiswa harus menghadiri kuliah minimal 75 % dan apabila kurang dari itu, maka mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester

-          Tugas harus diserahkan tepat waktu dan  tidak akan diterima dosen apabila terlambat menyerahkannya kecuali jika  ada alasan yang meyakinkan

-          Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal dan kaus oblong

-          HP mahasiswa dalam keadaan mati dalam kelas

E. Bahan Bacaan

EYD.  (yang terbaru)

Finoza, Hamudin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa Indonesia.   Jakarta: PT Grasindo.

Geraf, Keraf. 2004. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Wijono, HS. 2005. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.   Jakarta: PT Grasindo.

RENCANA PEMBELAJARAN MK : Bahasa Indonesia Sem: I. sks : 2. KOMPETENSI : Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan dalam menulis   karangan ilmiah.

MINGGU  KE-

(2)

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

(3)

MATERI PEMBELA JARAN

(4)

BENTUK PEMBELA JARAN

(5)

KRITERIA      (indikator)     PENILAIAN

(6)

BOBOT NILAI

1 Memahami Pemgantar Perkuliahan: Silabus (Kontrak Perkuliahan), Fungsi dan Ragam Bahasa Kuliah Ketepatan Pemahaman 1%
2 Mampu memahami Materi EYD Kuliah, Tanya Jawab Ketepatan Pemahaman 2%
3 Mampu mengaplikasikan dan bekerja sama Lanjutan: Materi EYD Cooperative Learning (CL) Ketepatan  dalam Aplikasi dan  Kerja Sama 2%
4 Mampu menjelaskan dan menunjukkan Kalimat (Pengertian Kalimat, Unsur Kalimat, dan Pola Kalimat) Kuliah , Tanya Jawab Ketepatan Penjelasan  dan Penunjukkan 2%
5 Mampu menjelaskan dan menunjukkan Kalimat Efektif Kuliah,  Cooperative Learning Ketepatan Penjelasan  dan Penunjukkan 3%
6 Mampu menjelaskan dan membedakan Paragraf

( Pengertian, Pengenalan, dan Jenis Paragraf)

Kuliah, Project Based Learning (PBL) Ketepatan Penjelasan 2%
7 Mampu memahami Metode              Pengembangan Paragraf Kuliah, Tanya Jawab Kebenaran Pemahaman 2%
8 Ujian Tengah Semester 20%
9 Mampu mengaplikasi Metode              Pengembangan Paragraf Project Based Learning (PBL) Ketepatan  dalam Aplikasi dan  Kerja Sama 3%
10 Mampu menjelaskan Penalaran Kuliah, Tanya Jawab Ketepatan Penjelasa 2%
11 Mampu memahami Karangan Ilmiah(Pengertian, Ciri, Bahasa,  dan Jenis Karangan Ilmiah Kuliah, Tanya Jawab Kebenaran Memahami 2%
12 Mampu membuat dan menyusun Topik, Tema, Tesis,, dan Kerangka Karangan Kuliah, Cooperative Learning (CL) Kebenaran Membuat dan Menyusun 2%
13 Mampu mengaplikasikan Sumber Rujukan (Kutipan: Pengertian, Tujuan, dan Cara Mengutip) Diskusi Ketepatan  Aplikasi 2%
14 Mampu mengaplikasikan Sumber Rujukan Lanjut( Catatan Kaki dan Daftar Kepustakaan) Presentasi Ketepatan  Aplikasi 2%
15 Mampu menjelaskan Ringkasan, Ikhtisar, Abstrak, dan Resensi Diskusi Ketepatan Penjelasan 2%
16 Ujian Akhir Semester (UAS) 40%
About these ads