VISI


VISI


Visi Universitas Andalas adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dalam berbagai bidang ilmu, teknologi, dan seni demi kejayaan bangsa.

Seiring dengan itu secara khusus Fakultas Sastra memiliki visi menjadikan lembaga untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi humaniora yang telah berurat berakar sejak masa silam di Sumatra Barat dan sekitarnya. Upaya kelembagaan bukan sekedar pelestarian warisan tradisi masa silam belaka, melainkan memiliki arti strategis dalam skala lokal, nasional, dan global. Kajian-kajian humaniora diharapkan akan mampu menghasilkan tenaga-tenaga teorisi dan praktisi yang terampil dalam bidang humaniora, yang sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan pertumbuhan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui sektor-sektor yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan dan kearifan lokal, pelestarian nilai sejarah dan tradisi yang relevan guna kemajuan peradaban, penulisan kreatif, layanan kebahasaan, dan sebagainya.

Lebih spesifik, Jurusan Sastra Daerah, Program Studi Bahasa dan Sastra Minangkabau memiliki visi menjadikan institusi yang representatif bagi penelaahan, pemberdayaan, dan pengembangan potensi bahasa, sastra, dan kebudayaan Minangkabau. Hal ini berguna untuk kepentingan pemeliharaan kekhasanah dalam keanekaragaman kebudayaan Indonesia, pengayaan khasanah bahasa, sastra, dan budaya nasional, peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat bersangkutan, dan pengembangan potensi humanitas bagi eksistensi dan kebertahanannya dalam potensi global.