Silabus Bahasa Belanda II


SILABUS

Mata Kuliah          : Bahasa Belanda II

Kode Mata Kuliah:

Semester               : IV

Bobot                    : 2 SKS

MK Persyarat       : Bahasa Belanda I

Dosen                   : Drs. M Yusuf, M. Hum

Dra. Lindawati, M. Hum

  1. Sinopsis

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari BB I. Perkuliahan ini diselengarakan untuk membekali mahasiswa dengan  pengetahuan dan ketrampilan membaca teks Bahasa Belanda . Adapun topik  yang akan diberikan dalam mata kuliah ini adalah  masalah struktur kalimat yang terpakai dalam dialog bahasa Belanda maupun yang terdapat dalam teks bahasa tulis

B.Kompetensi Umum

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah berangkai yaitu BBI dan BB II. Dalam bahasa Belanda I telah di berikan pengetahuan yang berkaitan dengan kaidah kaidah perubahan berbagai jenis kata.  Pada bahasa Belanda II ini bahasan diarahkan pada masalah bagaimana kaidah struktiur kata dalam satuan kalimat yang digunakan dalam tuturan lisan maupun tulisan.

C. Manfaat Mata Kuliah

Banyak buku sumber yang masih ditulis dalam bahasa Belanda untuk mendalami bidang ilmu sastra, linguistik dan budaya.  Informasi yang ditulis dalam bahasa Belanda itu tidak munghkin dapat dipahami tanpa memahami bahasa Belanda. Pembelajaran bahasa Belanda ini bermamfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa  memahami isi informasi yang terdapat di dalam teks-teks berbahasa Belanda

D. Tujuan Instruksional

Di akhir perkuliahan ini mahasiswa mampu dalam hal berikut:

1. Menjelaskan sistem bahasa dari satuan unsur yang terkecil hingga

yang terbesar,

2. Menjelaskan jenis kalimat yang ditemukan dalam teks bahasa Belanda

3. Menjelaskan  ciri kalimat pasif. kala lampau, dan perfective

4. Mampu menerjemahkan teks bahasa Belanda ke dalam bahasa Indonesia atau

sebaliknya

E. Outcome Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mahasiswa memiliki kompetensi sebagai berikut:

1.    Mahasiswa dapat membaca teks berbahasa Belanda

  1. Mahasiswa dapat menggunakan informasi keilmuan dari teks berbahasa Belanda untuk memperkaya ilmunya dalam bidang linguistik sastra dan budaya secara umun dan  linguistik, sastra dan budaya Minang khususnya
  2. Mahasiswa mampu bertutur dalam bahasa Belanda untuk membicarakan hal-hal yang sederhana terutama yang  merupakan aktifitas harian manusia pada umumnya.

F. Sistem perkuliahan

Setiap pokok bahasan memiliki pola penyajian yang relatif sama. Setelah dosen menjelaskan secara ringkas pokok bahasan teks dengan membacakan teks atau memperdengarkan  dengan kaset rekaman. Mahasiswa ditugasi membaca mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terdapat dalam sebuah teks uaaspek gramatika dari kata.

G. Sistem Penilaian

Dalam menentukan nialai akhir digunakan pembobotan sebagai berikut

  1. Kehadiran: 10%
  2. Partisipasi: 10 %
  3. Tugas        : 10%
  4. UTS          : 30%
  5. UAS         : 40%

Skema Proses Pembelajaran

H. Tata Tertib Perkuliahan

Untuk tertib dan lancarnya perkuliahan perlu aturan bagi dosen dan makasiswa

Untuk dosen dan mahasiswa

Kuliah dinyatakan sah jika perkuliaan diselenggarakan minimal 75 %

Untuk dosen

Kuliah dibatalkan jika dosen telambat lebih dari 15 menit

Dosen melengkapi kuliah dan memberi tahu tempat dan waktu jika ada jadwal kuliah pengganti

HP dosen dalam keadaan off dalam kelas

Untuk Makhasiswa

Mahasiswa dilarang masuk jika terlambat lebih dari 15 menit

Berpakaian pantas

Tidak diperkenankan pakai sandal dan kaus oblong

Dll

L Referensi

  1. Rianto sugeng, dkk. 1997. Bahasa Belanda Sebagai Bahasa Sumber Bidang Sejarah. Jakarta. Erasmus Taal centrum
  2. ——————, 1998. Bahasa Belanda Sebagai Bahasa Sumber. Tata Bahasa Ringkas. Jakarta : Erasmus Taalcentrum
  3. f Montens & Scianore. De Delftse Methode Nederland Voorbuitenlandes Amsterdam : Boom.