Abstrak Skripsi Irwandi


ABSTRAK

Irwandi (01 186 001). Pasambahan Dalam Upacara Penyelenggaraan Jenazah di Kanagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Padang: Tinjauan Struktural. Skripsi. Jurusan Sastra Daerah. Fakultas Sastra Universitas Andalas. Padang 2008.

Pasambahan dalam upacara penyelenggaraan jenazah adalah salah satu tradisi lisan dalam menyelenggarakan jenazah yang berkembang di Kanagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Padang. Pasambahan ini merupakan acara seremonial adat yang bertujuan untuk mencari kata sepakat melalui musyawarah, dan memberitahukan pada masyarakat bahwa telah meninggal salah seorang dari warga masyarakatnya. Pasambahan ini disampaikan oleh urang sumando yang arif manyambah dan berkias, serta mampu menafsirkan makna kiasan, sesuai dengan kebiasaan orang Minangkabau yang biasa berkias dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini menitikberatkan pada pendeskripsian dan penganalisisan struktur teks pasambahan. Data berupa teks yang didapat di lapangan direkam, kemudian ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Data yang telah ditranskrip itulah yang akan dianalisis dengan teori struktural.

Dalam penelitian ini, terdapat dua tahapan pasambahan penyelenggaraan jenazah yaitu: upacara di atas rumah (upacara mancabaik kapan), dan upacara di medan nan bapaneh (pembagian adat untuk penyelenggaraan jenazah). Struktur yang membangun teks pasambahan yaitu adanya tahap pasambahan seperti pasambahan pembuka (mambukak kato), isi, tahap panutuik sambah. Pasambahan kamatian ini berbentuk prosa liris, pantun dan dibangun dengan memggunakan beberapa gaya bahasa yaitu paralelisme (persejajaran), bahasa kiasan dan metafora.