Abstrak Skripsi Ismainelly


ABSTRAK

ISMAINELLY. 2009. Dokumentasi dan Fungsi Kepercayaan Rakyat di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Padang. Skripsi S1 Jurusan Sastra Daerah. Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang.

Penelitian didasari bahwa keberadaan kepercayaan rakyat bisa hilang bersama majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. Fenomena ini juga didukung bahwa secara umum betapapun seseorang mengaku dan menganggap dirinya berpikiran modern, tetapi dia tidak dapat melepaskan diri sepenuhnya dari kepercayaan rakyat atau takhayul tersebut.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendokumentasikan dan menjelaskan fungsi-fungsi kepercayaan rakyat yang ada di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsi yang dikemukakan Bascom dengan menggunakan metode kualitatif. Selanjutnya kepercayaan rakyat tersebut diklasifikasianberdasarkan klasifikasi yang dikemukakan oleh Wayland. D. Hand.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 20 kepercayaan rakyat tersebut 8 diantaranya diklasifikasikan kedalam takhayul disekitar lingkaran hidup manusia dan 4 kepercayaan rakyat atau takhayul diklasifikasikan kedalam takhayul mengenai alam gaib, 4 kepercayaan rakyat diklasifikasikan kedalam takhayul mengenai terciptanya alam semesta dan 4 kepercayaan rakyat diklasifikasikan kedalam jenis takhayul lainnya.

Fungsi kepercayaan rakyat di dalam kehidupan masyarakat pendukungnya yaitu, sebagai penebal emosi keagamaan atau kepercayaan, sebagai sistem proyeksi khayalan suatu kolektif yang berasal dari halusinasi seseorang yang mengalami gangguan jiwa dalam bentuk makhluk-makhluk alam gaib, sebagai alat pendidikan anak atau remaja, serta untuk menghibur orang yang sedang mengalami musibah. Fungsi yang paling banyak ditemukan dari 20 kepercayan rakyat tersebut adalah fungsi sebagai pendidikan terhadap anak dan remaja pada masyarakat Limau Manis.