Abstrak Skripsi Meldawati


ABSTRAK

Meldawati. 01 186 031. Kaba Pusako Minangkabau Bonsu Pinang Sibaribuik. Penulis Emral Djamal Dt. Rajo mudo. (Analisis Struktural) disingkat KBPS. Jurusan Sastra Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Andalas Padang. Pembimbing I, Muchlis Awwali, S.S, M.Si, dan Pembimbing II , Pramono, S.S., M.Si.

Skripsi ini merupakan hasil penelitian terhadap KBPS, Tulisan Emral Djamal Dt. Rajo Mudo yang bertemakan “Perjuangan Dalam Proses Menghadapi berbagai RintanganKehidupan”. Kaba ini termasukkaba Klasik dimana bercerita tentang anak keturunanraja yang di fitnah. Kaba ini sangat menarik untuk diteliti dimana adanya gambaran jual-beli orang dan perbudakan, yang belum penulis temukan pada cerita kaba lainnya. Kaba ini beralur lurus pembaca akan mudah untuk memahami kaba tersebut. Unsur-unsur cerita yang diuraikan oleh penulis Emral Djamal sangat jelas dan beraturan sertapenjelasam ceritanyasecaramendetil.

Penelitian ini menggunakan analisis Struktural. AnalisisStruktural bertujuan memaparkan secermat mungkin fungsi dan keterkaitan antar unsur karya sastra yang secara bersama untuk mengkaji unsur -unsur intrinsik karya sastra yang komplek, unik, serta adanya perbedaan dari kata-kata yang lain sehingga menarik untuk dijadikan objek penelitian.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sastra khususnya teknik penelitian kepustakaan, dengan tahapan sebagai berikut: pertama membaca objek yang dibahas dan membaca kepustakaan yang berkaitan dengan objek. Kedua melakukan analisis mengenai hubungan antar unsur-unsur yang terdapat dalam karya dengan pendekatan struktural. Ketiga menarik kesimpulan dan menyajikan dalam bentuk bahasa tulis

Penelitian ini menyimpulkan bahwaKBPS ini dibangun oleh unsur-unsur intrinsik yang sangat bagus, sehingga keterkaitan unsur-unsur yang terdapat dalam KBPS dapat membangun suatu kesatuanyang utuh dan juga supaya KBPS ini dapat dengan mudah dipahami ini ceritanya.