Abstrak Skripsi Yulia Permata Sari


ABSTRAK

Yulia Permata Sari (04186004). Kaba Sutan Lembak Tuah Karya Sjamsudin ST Rajo Endah Kajian Antroppologi Sastra. Skripsi, Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang. 2009.

Kaba Sutan Lembak Tuah Karya Sjamsudin ST Rajo Endah Kajian Antropologi Sastra . Adapun masalah yang dibahas dan dianalisis dalam peneitian ini adalah unsur-unsur yang membangun Kaba Sutan Lembak Tuah dan bagaimana tradisi-tradisi masyarakat Minangkabau dalam Kaba Sutan Lembak Tuah. Tradisi itu berupa gambaran dari kebudayaan masyarakat Minangkabau dalam menjalani kehidupan sosial bermasyarakat..Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui kebudayaanmasyarakat Minangkabau khususnya ditempat latar Kaba Sutan Lembak Tuah diciptakan yaitu di Bukittinggi, sesuai dengan etnisnya masyarakat tradisional itu sendiri. Penganalisisan ini menggunakan kajian antropologi sastra. Antropologi sastra mempermasalahkan karya sastra dalam hubungan manusia sebagai penghasil kebudayaannya. Melalui karya sastra dapat dipahami keberagaman manusia dengan kebudayaanya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapatnya unsur kebudayaan berupa tradisi-tradisi masyarakat Minangkabau dalam Kaba Sutan Lembak Tuah diantarnya mendoa, bermusyawarah, batimbang tando, dan merantau.Tradisi yang memaparkan sebuah penegasan terhadap unsur-unsur yang membagi Kaba Sutan Lembak Tuah. Tradisi-tradisi masyarakat tersebut ditampilkan oleh pengarang untuk memperkuat latar sosial dan latar tempat, selain itu juga mempertegas karakter tokoh yang ada di dalam kaba tersebut