SINOPSIS MATA KULIAH PROGRAM STUDI SASTRA MINANGKABAU (Kurikulum 2011)


 HKU 141        Pendidikan Agama :                                                             3 SKS

(TIM Unand)

Materi yang diberikan dalam Mata kuliah ini meliputi konsep ketuhanan dalam Islam, hakikat manusia menurut Islam, etika, moral dan akhlak, ilmu, teknologi, dan seni dalam Islam. Di samping itu, Mata kuliah ini juga membahas masalah kerukunan antarumat beragama, kebudayaan Islam, dan sistem politik Islam.

 

HKU 101        Pendidikan Kewarganegaraan :                              3 SKS

(TIM Unand)

Mata kuliah ini mempelajari kewiraan, konsep Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Bela Negara, Sistem Hankamrata, dan Polstra-Hankamnas.

 

SAS 109          Bahasa Indonesia :                                                    3 SKS

Mata kuliah ini memberikan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia baik secara lisan atau tulisan. Mahasiswa juga akan diberi materi mengenai EYD, menyusun kalimat hingga menjadi paragraf.

 

SAS 101          Dasar-Dasar Filsafat :                                              2 SKS

Mata kuliah ini berisi tentang pengertian, ciri-ciri berfikir dan ciri-ciri persoalan filsafat, serta cabang-cabang filsafat. Di samping itu, materi perkuliahan juga membahas dasar-dasar pengetahuan, seperti pengertian, sumber, dan jenis pengetahuan, serta teori kebenaran. Dalam mataluliah ini juga dibahas  tentang pengertian, landasan, dan fungsi ilmu pengetahuan.

 

SAS 203          Sejarah Pemikiran Modern :                                   2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kesejarahan dalam perkembangan pemikiran modern, meliputi periodisasi, tokoh-tokoh, pikiran-pikirannya, serta perbandingan satu sama lain.

 

SAS 102          Manusia dan Kebudayaan Indonesia :                   2 SKS

(TIM Fakultas)

Mata kuliah ini membicarakan dinamika manusia dan kebudayaan Indonesia serta bentuk dan aneka kebudayaannya. Ruang lingkup pembahasannya meliputi teori dan konsep kebudayaan serta pola-pola kehidupan berbagai suku bangsa dari berbagai tipe di Indonesia.

 

SAS 104          Dasar-Dasar Ilmu Budaya :                                                 2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep, unsur-unsur, model-model yang terdapat dalam berbagai aspek kebudayaan.

 

SAS 205          Etnografi Minangkabau :                                        2 SKS

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diberikan pengetahuan tentang kebudayaan Minangkabau dari segala aspek, baik yang ditulis orang Minangkabau maupun orang asing.

 

SAS 106          Masyarakat dan Kesenian Indonesia :                    2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang keanekaragaman kesenian di Indonesia. Hal ini meliputi perkembangan dan perubahan dari zaman prasejarah, klasik hingga modern.

 

SAS 107          Sejarah Kebudayaan Indoesia :                               2 SKS

(TIM Fakultas)

Mata kuliah ini membahas pengertian dan konsep dasar kebudayaan serta perkembangan kebudayaan di Indonesia sejak zaman prasejarah sampai periode kotemporer.

 

 

SAS 108          Dasar-Dasar Statistik :                                             2 SKS

(TIM Fakultas)

Mata kuliah ini berisikan serangkaian pengetahuan dasar mengenai analisis statistik. Dalam perkuliahan akan dibahas jenis-jenis data, macam-macam grafik, distribusi data, variabel data, dan teori peluang.

 

SAS 102          Ilmu Alamiah Dasar :                                               3 SKS

TIM Fakultas

 

SAS 312          Teori Kebudayaan                                        2 SKS

TIM Fakultas

 

SAS 313          Metode Penelitian Kebudayaan                   2 SKS

TIM Fakultas

 

SAS 310          Media Audio Visual                                      2 SKS

TIM Fakultas

 

SAS 311          Pengantar Jurnalistik                                   2 SKS

TIM Fakultas

 

SSD 111          Dasar-Dasar Falsafah Adat Minangkabau :                      2 SKS

Perkuliahan ini membahas tentang dasar-dasar falsafah, seperti kosmologi, etika, estetika, religi, dan sosial yang dianut masyarakat Minangkabau sebagaimana yang termaktub di dalam ungkapan atau kiasan, dan simbol-simbol budaya Minangkabau lainnya.

 

SSD 224          Kajian Silat Minangkabau :                                     3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai nilai-nilai filosofis: religi, estetis, sosial dan budaya dalam gerakan-gerakan silat, dan memberikan keterampilan gerakan dasar silat tradisional Minangkabau serta variannya.

 

SSD 122          Sejarah Minangkabau I :                                         2 SKS

Mata kuliah ini berkenaan dengan pembahasan mengenai perubahan dan kesinambungan sejarah Minangkabau dari periode prasejarah sampai zaman Hindu-Budha. Tekanan akan diberikan pada aspek-aspek perubahan yang mempengaruhi perkembangan masyarakatnya dan aspek hubungannya dengan masyarakat sekitarnya.

 

SSD 212          Sejarah Minangkabau II :                                        2 SKS

Mata kuliah ini merupakan lanjutan bagi mahasiswa yang telah lulus dari Mata Kuliah Sejarah Minangkabau I. Mata kuliah ini membahas perubahan dan kesinambungan sejarah Minangkabau dari periode Islam sampai saat ini. Tekanan akan diberikan pada aspek-aspek perubahan yang mempengaruhi perkembangan masyarakatnya dan aspek hubungannya dengan masyarakat sekitarnya.

 

SSD 125          Bahasa Minangkabau :                                            2 SKS

Dalam perkuliahan ini diberikan pengetahuan tentang tata bahasa dan ragam bahasa Minangkabau serta keterampilan dalam berbahasa Minangkabau, baik lisan maupun tulisan.

 

SSD 225          Peribahasa dan Petatah-Petitih Minangkabau      2 SKS

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Mata kuliah Bahasa Minangkabau. Mata kuliah ini menitikberatkan pada pengkajian struktur, fungsi, dan makna serta penggunaan berbagai petatah-petitih Minangkabau.

 

SSD 226          Dialektika Minangkabau:                                        4 SKS

Mata kuliah ini memberikan arahan terhadap mahasiswa mengenai dilema-dilema yang dihadapi oleh masyarakat dalam budaya Minangkabau, terutama yang berkaitan dengan pranata dan nilai-nilai.

 

SSD 317          Sastra Lisan                                       2 SKS

Di dalam perkuliahan ini diberikan pengetahuan tentang sastra lisan Minangkabau: pengertian, ciri-ciri, ragam, dan persebaran, serta contoh-contohnya.

 

SSD 318          Komposisi                                                                   2 SKS

Mata kuliah ini akan memberi pengenalan dan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengembangkan paragraf menjadi sebuah karangan ilmiah.

 


SSD 111          Pengantar Linguistik Umum                                   3 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah pengantar untuk mata kuliah linguistik. Untuk Pengantar Linguistik Umum, mahasiswa diberi pengetahuan tentang hakikat bahasa, prinsip dasar linguistik umum, dan pencabangan linguistik.

 

SSD 121          Fonologi :                                                                   3 SKS

Mata kuliah ini adalah mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Pengantar Linguistik Umum. Mata kuliah ini membahas klasifikasi bunyi dan fonem dan cara memproduksi bunyi, serta alat ucap yang terlibat di dalamnya. Mahasiswa juga dilatih untuk menelti dan manganalisis sistem bunyi dan fonem bahasa Minangkabau.

 

SSD 211          Morfologi :                                                                 3 SKS

Mata kuliah ini adalah Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Fonologi. Di dalam perkuliahan ini akan dibahas seluk-beluk morfem, proses morfologis pembentukan kata, dan kategori kata, khususnya dalam bahsa Minangkabau.

 

SSD 221          Sintaksis :                                                                   3 SKS

Mata kuliah ini adalah Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Morfologi. Perkuliahan ini akan membahas prinsip-prinsip tata cara dan kaaidah pembentukan frase, klausa, dan kalimat dalam bahasa Minangkabau. Di dalam perkuliahan ini juga diperkenalkan teori sintaksis terkini.

 

SSD 311          Semantik :                                                                  3 SKS

Mata kuliah ini adalah Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Sintaksis. Perkuliahan ini dititikberatkan kepada pengkajian mengenai makna kata, idiom, frasa dan kalimat bahasa Minangkabau serta pemahaman tentang beberapa teori linguistik yanag berhubungan dengan pengkajian makna.

 

SSD 411          Pragmatik:                                                                3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang penggunaan bahasa Minangkabau dan arti ungkapan pada situasinya. Menyajikan model pragmatik yang retorik, yang mempelajari komunikasi berbahasa Minangkabau sehubungan dengan tujuan-tujuan komunikatif dan asas-asas prilaku komunikasi yang baik.

 

SSD 313          Dialektologi :                                                              2 SKS

Di dalam perkuliahan ini akan dibahas konsep variasi bahasa yang bersifat geografis: unsur bahasa yang memperlihatkan variasi, cara pemetaan variasi, cara menentukan tingkat variasi dengan penghitungan dialektometri serta metodologi penelitian dialektologi.

 

SSD 421          Analisis Wacana                                            3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang wacana, pengertian dan konsep, serta teknik untuk menelaah sebuah wacana.

 

SSD 112          Pengantar Kajian Kesusastraan :                            2 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah yang menjadi dasar pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap kesusastraan pada umumnya. Mahasiswa akan diberi gambaran umum dan menyeluruh mengenai pengertian dan hakikat sastra dan kesusastraan. Di samping itu, mahasiswa juga akan diberi pengetahuan tentang beberapa model pendekatan yang dapat digunakan dalam sebuah penelitian sastra dalam rangka memahami karya sastra tersebut.

 

SSD 215          Teori Sastra :                                                                         3 SKS

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah Pengantar Kajian Kesusastraan. Di dalam perkuliahan ini dibahas berbagai macam teori  kesusastraan, termasuk teori dalam filologi, serta aplikasinya.

 

SSD 222          Kajian Puisi                                                               3 SKS

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah Teori Sastra. Di dalam perkuliahan ini dibahas berbagai macam bentuk puisi, terutama puisi tradisional Minangkabau beserta aplikasi analisisnya.

 


SSD 314          Kajian Prosa                                                              3 SKS

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah Teori Sastra. Di dalam perkuliahan ini dibahas berbagai macam bentuk puisi, terutama puisi tradisional Minangkabau beserta aplikasi analisisnya.

 

SSD 315          Kajian Drama                                                                        3 SKS

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah Teori Sastra. Di dalam perkuliahan ini dibahas berbagai macam bentuk puisi, terutama puisi tradisional Minangkabau beserta aplikasi analisisnya.

 

SSD 223          Kritik Sastra :                                                                        2 SKS

Di dalam perkuliahan ini dibahas ruang lingkup, jenis-jenis kritik sastra, prinsip-prinsip dasar penilaian sastra berdasarkan pendekatan-pendekatan intrinsik dan ekstrinsik, serta penerapannya dalam penelitan kesusastraan Minangkabau.

 

SSD 413          Sastra Perbandingan :                                              2 SKS

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah Teori Sastra. Mata kuliah ini akan menjadi dasar pemahaman mahasiswa tentang pengkajian perbandingan karya sastra yang meliputi teknik dan teori. Mahasiswa juga akan dikenalkan pada bentuk-bentuk penerapan analisis karya sastra yang menggunakan pendekatan perbandingan sastra. Pada akhirnya, mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang diperolehnya sebagai alternatif pilihan untuk penelitian akhir (skripsi).

 

SSD 227          Bahasa dan Sastra Nusantara :                                                       2 SKS

Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang keberagaman bahasa dan sastra dari beberapa daerah di nusantara.

 

SSD 126          Filologi :                                                                     2 SKS

Di dalam perkuliahan ini mahasiswa akan mendapat materi berupa hakikat, ruang lingkup, sejarah kajian, dan dasar-dasar kritik teks.

 

SSD 216          Studi Naskah :                                                           2 SKS

Mata kuliah ini adalah Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Filologi. Di dalam perkuliahan ini mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai tempat dan sumber naskah, bahan, katalogisasi, dan penerapannya.

 

SSD 228          Folklore  :                                                                                           2 SKS

Di dalam perkuliahan ini diberikan pengertian dan hakikat folklore agar mahasiswa dapat membedakan antara folklore dengan kebudayaan, serta dapat  mengidentifikasi dan mengklasifikasi folklore yang berkembang di dalam masyarakat serta mengetahui fungsinya bagi masyarakat pemiliknya. Mahasiswa juga diberi pengetahuan tentang metode pendokumentasian folklore.

 

SSD 123          Bahasa Inggris I :                                                      2 SKS

Mata kuliah memberikan keterampilan membaca dan memahami teks sumber yang berbahasa Inggris, terutama berkaitan dengan kajian keminangkabauan, serta menerjemahkan teks tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

 

SSD 213          Bahasa Inggris II :                                                    2 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah Bahasa Inggris I. Mata kuliah lanjutan yang memberikan keterampilan membaca, memahami dan menerjemahkan teks sumber berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

 

SSD 124          Bahasa Belanda :                                                      2 SKS

Dalam perkuliahan ini diberikan pengetahuan dasar mengenai bahasa Belanda yang meliputi aspek fonem, morfem, klausa dan berbagai bentuk kalimat serta tata bahasa, dan manfaatnya bagi kajian kesusastraan, bahasa, dan budaya Minagkabau.

 

SSD 214          Bahasa Arab :                                                                      2 SKS

Dalam perkuliahan ini diberikan pengetahuan dasar mengenai bahasa Arab yang meliputi aspek fonem, morfem, klausa dan berbagai bentuk kalimat serta tata bahasa, dan manfaatnya bagi kajian kesusastraan, bahasa, dan budaya Minagkabau.

 

SSD 321          Metode Penelitian Linguistik                                               3 SKS

Perkuliahan ini memberikan pengetahuan tentang metode dan teknik penelitian bidang ilmu linguistik. Dalam masa perkuliahan, mahasiswa akan dipandu untuk memilih objek penelitian dan menuliskannya dalam proposal. Mahasiswa juga akan mendapat pembelajaran mengenai praktik penelitian dan menuliskan laporannya.

 

SSD 322          Metode Penelitian Sastra                                          3 SKS

Perkuliahan ini memberikan pengetahuan tentang metode dan teknik penelitian bidang ilmu sastra. Dalam masa perkuliahan, mahasiswa akan dipandu untuk memilih objek penelitian dan menuliskannya dalam proposal. Mahasiswa juga akan mendapat pembelajaran mengenai praktik penelitian dan menuliskan laporannya.

 

SSD 414          Seminar Linguistik:                                                              2 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah metode penelitian. Mata kuliah ini sebagian besar berupa praktek seminar mahasiswa, di dalamnya diberikan metode dan teknik pembuatan kertas kerja dan atau proposal penelitian, dan sekaligus teknik seminar, presentasi dan mempertahankan argumentasi. Nilai akhir dari perkuliahan ini adalah  nilai dari seminar proposal masing-masing mahasiswa.

 

SSD 415          Seminar Sastra:                                                                     2 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah lulus Mata kuliah metode penelitian. Mata kuliah ini sebagian besar berupa praktek seminar mahasiswa, di dalamnya diberikan metode dan teknik pembuatan kertas kerja dan atau proposal penelitian, dan sekaligus teknik seminar, presentasi dan mempertahankan argumentasi. Nilai akhir dari perkuliahan ini adalah  nilai dari seminar proposal masing-masing mahasiswa.

 


SSD 311          Stilistika:                                                                    2 SKS

Pada mata kuliah ini diberikan dasar pengetahuan bagi mahasiswa mengenai gaya bahasa dalam karya sastra. Materi perkuliahan meliputi jenis dan fungsi gaya bahasa dalam karya sastra. Pada akhirnya, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis karya sastra Minangkabau menurut teori ini.

 

SSD 341          Etnomusikologi                                                          2 SKS

Perkuliahan ini memberikan pengetahuan secara umum pada mahasiswa tentang musik etnis yang berkembang, khususnya musik dalam kebudayaan Minangkabau. Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang jenis-jenis musik, transkripsi, notasi, organologi, dan dokumentasi.

 

SSD 345          Sosiolinguistik :                                                          2 SKS

Di dalam perkuliahan ini akan dibahas hubungan bahasa dengan masyarakat yang berasal dari kelas-kelas sosial yang berbeda yang menimbulkan keragaman bahasa.

 

SSD 332          Antropolinguistik :                                                    2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang linguistik dari paradigma ilmu antropologi. Kaitan  linguistik dengan antropologi dilihat dari berbagai aspek kebudayaan.

 

SSD 342          Psikolinguistik :                                                         2 SKS

Di dalam perkuliahan ini dibahas hubungan bahasa dengan kejiwaan yang berkaitan dengan pengertian psikolonguistik, sejarah perkembangan, pemerolehan bahasa, pusat-pusat wicara, dan gangguan wicara.

 

SSD 333          Linguistik Historis Komparatif :                              2 SKS

Di dalam perkuliahan ini, mahasiswa dibekali teori dan metode perbandingan bahasa dan klasifikasi bahasa secara genealogis.

 

SSD 334          Antropologi Sastra                                                    2 SKS

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mengenal dan dilatih untuk menerapkan ilmu Antropologi dalam mengkaji karya sastra, khususnya karya sastra Minangkabau.

 

SSD 343          Psikologi Sastra                                 2 SKS

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mengenal dan dilatih untuk menerapkan ilmu Psikologi dalam mengkaji karya sastra, khususnya karya sastra Minangkabau.

 

SSD 335          Wawasan Multikultur                                                          2 SKS

Di dalam mata kuliah ini akan dibahas teori-teori dan realitas tentang identitas, perbedaan, keberagaman, dan interaksi lintas kultural.

 

SSD 344          Wacana Budaya Minangkabau :                             2 SKS

Dalam mata kuliah ini diberikan pengetahuan tentang wacana, pengertian dan konsep, serta teknik untuk menelaah wacana budaya Minangkabau.

 

SSD 346          Sosiologi Sastra :                                                       2 SKS

Perkuliahan ini membahas karya sastra dan permasalahannya serta hubungannya dengan latar belakang sosial masyarakat yang mempengaruhinya. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan dipandu untuk melakukan pendekatan sosiologi terhadap karya sastra Minangkabau, baik yang tradisional, modern, atau pun karya sastra yang bermuatan keminangkabauan.

 

SSD 361          Randai :                                                                     2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengertian randai dan unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah pertunjukan randai. Di samping itu, mahasiswa diharapkan dapat memperagakan pertunjukan randai secara berkelompok.

 

SSD 362          Pidato Adat dan Alur Pasambahan :                      2 SKS

Di dalam perkuliahan ini diberikan pengetahuan tentang berbagai ragam pasambahan yang hidup di dalam masyarakat Minangkabau serta keterampilan menggunakan salah satu di antaranya.  Mata kuliah ini juga dititikberatkan pada pengkajian struktur, fungsi, dan makna pasambahan. Di samping itu, pada perkuliahan ini mahasiswa juga berlatih berpidato pasambahan.

 

SSD 363          Tari Minangkabau                                                                2 SKS

Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan dasar-dasar tari dan keterampilan tari yang berasal dari  Minangkabau.

SSD 351          English Conversation                                                 2 SKS

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diberikan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris.

 

SSD 352          Media Audio Visual Lanjut:                                                2 SKS

Perkuliahan ini merupakan lanjutan mata kuliah Media Audio Visual. Perkuliahan akan mengaplikasikan teknik serta ketrampilan menggunakan alat perekaman audio visual dan teknik penyuntingannya untuk berbagai macam kepentingan.

 

SSD 353          Musik Tradisional Minangkabau                                        2 SKS

Dalam mata kuliah ini akan diberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk memainkan beberapa jenis alat musik tradisional Minangkabau.

 

SSD 371          Manajemen Seni                                                        2 SKS

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mendapat wawasan mengenai pengelolaan dan manajemen seni untuk dapat ditampilkan sebagai sebuah sajian seni, seperti dalam festival serta dalam seni pertunjukan.

 

SSD 372          Transformasi Media                                                 2 SKS

Pada mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai beberapa kemungkinan alih media karya sastra dan contoh aplikasinya.

 

SSD 373          Kewirausahaan Minangkabau                                            2 SKS

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diberi wawasan mengenai dunia wirausaha dan beberapa keterampilan kriya serta kuliner Minangkabau untuk dikembangkan menjadi suatu industri.

 

SSD 374          Jurnalistik :                                                                2 SKS

Perkuliahan ini memberikan dasar-dasar pengetahuan jurnalistik serta teknik dan keterampilan dalam bidang reportage. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapat dasar-dasar teknik serta keterampilan mengolahan data menjadi sebuah berita atau reportase lainnya.

 

SSD 375          Menulis Kreatif                                                         2 SKS

Dalam mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk menulis kreatif baik fiksi maupun non fiksi.

 

SSD 376          Menulis Bahasa Minangkabau                                2 SKS

Pada mata kuliah ini mahasiswa diberi panduan mengenai tata cara penulisan dalam bahasa Minangkabau serta keterampilan untuk menulis kreatif dalam bahasa Minangkabau.

 

UND               Kuliah Kerja Nyata                                                   4 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan beban SKS minimal 110 SKS. Kuliah kerja atau Magang adalah Mata kuliah yang mempersyaratkan mahasiswa berada di lapangan. Mahasiswa dibekali dengan beberapa pengetahuan dan keterampilan untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat atau industri, tempat mahasiswa tersebut mengaplikasi pengetahuan dan keterampilannya, di luar kampus.

 

SSD 421          Skripsi :                                                                      6 SKS

Mata kuliah ini merupakan Mata kuliah bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan beban SKS minimal 148 SKS dan telah menyelesaikan KKN atau Magang. Mata kuliah ini sepenuhnya merupakan proses penulisan tugas akhir yang proses pembelajarannya melalui bimbingan intensif dari sekurang-kurang dua orang dosen pembimbing. Proses bimbingan tugas akhir diselenggarakan 4 – 6 bulan efektif.